APPBIPA Jateng Gelar Rakor dan Launching Buku Internasionalisasi Bahasa Indonesia

APBIPA (Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) Jawa Tengah bekerja sama dengan Tim BIPA UIN Walisongo Semarang menyelenggarakan Rapat Koordinasi tahun 2022. Dalam kesempatan yang sama, tim BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) yang berada di bawah naungan Pusat Pengembangan Bahasa UIN Walisongo berhasil me-launching buku ajar BIPA berjudul “Rumahku Indonesia” Jilid 1 (Bahasa Tulis) dan Jilid 2 (Bahasa Tulis).

Acara Rakor APPBIPA dan launching buku ini digelar secara hybrid, baik di Ruang Teater Gedung ICT Center UIN Walisongo Semarang, maupun secara virtual melalui Zoom, Kamis (10/03/2022). Muh. Muzakka MHum selaku Ketua APPBIPA Jawa Tengah dalam sambutannya menekankan pentingnya semangat ke-BIPA-an sebagai salah satu langkah nyata implementasi Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009, tentang amanat internasionalisasi bahasa Indonesia.

“Saya juga bangga dengan Tim BIPA UIN Walisongo Semarang, meskipun secara usia masih baru, tapi sangat produktif dalam menghasilkan buku ajar” ujarnya.

Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Kepala APPBIPA pusat yang diwakili Dr Gatut Susanto (Universitas Negeri Malang) secara daring. Dirinya berpesan agar seluruh anggota cabang APPBIPA, khususnya Cabang Jawa Tengah untuk tetap solid dan senantiasa membangun kebersamaan.

“Meskipun kegiatan kita secara hybrid, semoga kebersamaan kita terus diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga langkah APPBIPA dapat menjadi kontribusi nyata dalam proses menginternasionalkan bahasa Indonesia” pesannya.

Sementara itu, Rektor UIN Walisongo Semarang Prof Dr H Imam Taufik MAg dalam sambutannya sekaligus membuka acara, menyampaikan hal-hal terkait internasionalisasi bahasa Indonesia.

“Acara-acara resmi yang bahkan bertaraf Internasional saat ini sudah banyak yang menggunakan Bahasa Indonesia. Ini menunjukkan bahwa Bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sangat penting, sehingga muruah Bahasa Indonesia perlu dijaga”, ungkapnya.

Di samping itu, rektor memberikan dukungan penuh terhadap program BIPA di UIN Walisongo. Dukungan ini salah satunya disampaikan dengan pernyataan mengenai kesiapan untuk mendanai buku ajar BIPA semaksimal mungkin.

“Saya siap mendukung bahkan sampai 5 buku BIPA lagi untuk terbit tahun ini. Silakan disiapkan,” janjinya memberikan harapan cerah bagi kemajuan BIPA di UIN Walisongo Semarang.

Acara launching buku juga ditandai dengan penyerahan buku ajar BIPA jilid 1 dan jilid 2 secara simbolis oleh Rektor UIN Walisongo didampingi Ketua APPBIPA Jawa Tengah dan perwakilan Kepala Pusat Pengembangan UIN Walisongo kepada mahasiswa asing asal Somalia. Acara ini dihadiri pengurus APPBIPA yang berasal dari berbagai kampus PTN dan PTS di Jateng. Juga dihadiri oleh Kepala APPBIPA pusat, yang diwakili Dr Gatut Susanto yang hadir secara daring.

Published by APPBIPA Jawa Tengah

Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) semula bernama Asosiasi Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APBIPA) Indonesia, adalah organisasi profesi yang beranggotakan pengajar BIPA dan pegiat BIPA baik di Indonesia maupun luar Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: